Rabu, 08 Juni 2016

Bahayakah Wasir Pada Saat Hamil

Bahayakah Wasir Pada Saat Hamil?


Bahayakah Wasir Pada Saat Hami? Walau tidak dialami oleh semua ibu hamil, wasir merupakan sebuah gangguan yang umum terjadi pada ibu hamil. Wasir biasanya terjadi pada trimester ketiga. Rahim yang semakin membesar dapat menekan pembuluh darah yang terdapat di bawah rahim, hingga pembuluh darah yang terdapat pada anus. Hal inilah yang membuat pembuluh darah vena di sekitar anus mengalami peradangan.


Meski dapat membuat Anda merasa tidak nyaman, wasir tidak akan membahayakan diri Anda selama segera ditangani dengan tepat. Perubahan hormon saat hamil juga memegang peranan besar dalam menyebabkan terjadinya wasir. Hormon progesteron yang meningkat, dapat menghambat gerak peristaltik dalam usus. Hal ini akan membuat saluran pencernaan Anda terganggu.

Beberapa perubahan dalam tubuh ibu hamil, seringkali dapat menyebabkan konstipasi atau sembelit. Konstipasi inilah yang menjadi tahapan sebelum terjadinya wasir. Bila Anda mengalami konstipasi, sebaiknya jangan mengejan saat BAB. Mengejan hanya akan memperparah wasir Anda dan dapat menyebabkan perdarahan.

Mengatasi Wasir Saat Hamil

Wasir akan membuat Anda merasa tidak nyaman, dan mungkin dapat menimbulkan rasa nyeri saat Anda duduk atau BAB. Segera atasi agar wasir tidak menjadi semakin parah.
  1. Berendam

    Anda dapat berendam dalam air hangat selama 10 hingga 15 menit di dalam bathtub. Bila Anda tidak memiliki bathtub, Anda dapat mengisi baskom dengan air hangat dan duduk di dalam baskom tersebut.
  2. Minum yang cukup

    Konsumsi cairan yang cukup dapat membantu untuk melancarkan pencernaan Anda, agar Anda tidak perlu mengejan saat BAB.
  3. Konsumsi serat

    Serat juga dapat membantu pencernaan Anda. Konsumsi buah-buahan dan sayur setiap hari dapat membuat Anda tidak kesakitan saat BAB.
  4. BAB secara teratur

    Biasakan untuk selalu BAB secara teratur, sehingga tidak terjadi pengerasan feses di dalam usus. Hal ini akan memudahkan Anda saat BAB.
Bila cara-cara tersebut tidak dapat menyembuhkan wasir yang Anda alami, Anda sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter. Wasir yang didiamkan terlalu lama dapat menimbulkan rasa nyeri dan membuat Anda tidak dapat beraktivitas. Mengabaikan wasir hanya akan membuat Anda tidak dapat menikmati masa kehamilan Anda dengan tenang dan nyaman.
Bahayakah Wasir Pada Saat Hamil

0 komentar:

Posting Komentar